Sabtu, 25 Februari 2012

LAPORAN HASIL PENGAMATAN BIOLOGI TENTANGT CARA PEMBUATAN YOUGHURT













KATA PENGANTAR

Assalamualaikum War. Wab.
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT., karena berkat rahmat serta karunia-Nya kami dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Laporan Pengamatan Biologi tentang Cara Pembuatan Susu Yakult”.
Dalam laporan ini, akan membicarakan masalah pembuatan susu fermentasi dari Yakult dan susu bubuk Dancow putih. Mungkin laporan ini masih banyak kekurangannya, dan saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan laporan ini.
Demikianlah tugas yang kami buat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamualaikum War. Wab.



Penyusun










                                                                                                       



1


















2
HASIL LAPORAN PRAKTIKUM

A. Tujuan Penelitian
Tujuan : Pemanfaatan bakteri dalam makanan ( Yakult ).

B. Waktu  Pelaksanaan
Waktu                     : 08.30-10.00 WITA
Hari/Tanggal           : Rabu, 9 November 2011
Tempat                    : Laboratorium Biologi, SMA Negeri 2 Sumbawa Besar

C. Landasan Teori
Susu fermentasi merupakan susu hasil proses fermentasi oleh bakteri asam laktat (Lactic acid bacteria). Susu fermentasi yang mengandung bakteri asam laktat sangat bagus untuk sistem pencernaan. Bakteri asam laktat mampu memproses karbohidrat dalam susu yang disebut laktosa menjadi asam laktat. Asam laktat yang dihasilkan akan menurunkan derajat keasaman (pH) dalam usus sehingga menghambat pertumbuhan bakteri merugikan dalam sistem pencernaan. Bakteri asam laktat juga mampu menghilangkan bahan penyebab kanker dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya penghasil bahan karsinogen (bahan penyebab kanker).
Khusus bakteri asam laktat dari kelompok bifidobacterium, dapat memperbaiki sistem metabolisme protein, mencegah sembelit, serta membantu proses pengobatan liver.

            Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial (
http://id.wikipedia.org/wiki/2011/11/15/Yoghurt).
Adapun manfaat dari Youghurt yaitu:
1.      Menghasilkan banyak mineral dan kalsium.
2.      Menyumbang vitamin B (B2, B12), D, dan E, yang bagus untuk memperkaya vitamin    untuk tulang, rambut, dan kulit.
3.      Kaya protein untuk menjaga stamina tubuh.
4.      Menjaga kesehatan pencernaan. Berbagai penyakit dapat dicegah, seperti maag, susah buang air besar, diare, dan potensi mencegah kanker kolon.
5.      Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas dari probiotik bakteri di dalam yoghurt.
6.      Menurunkan tekanan darah, cukup bagus untuk penderita hipertensi.
7.      Mengurangi kolesterol.
8.      Mencegah infeksi vagina.
9.      Mencegah osteoporosis.
10.  Mengobati napas buruk dan mengurangi halitosis.
3
11.  Mengurangi plak dan gingivitis.
12.  Menyembuhkan jerawat dan ruam hitam di wajah.
13.  Bagus untuk kulit kepala, mencegah ketombe dan gatal di kulit kepala.
Youghurt yang telah kami buat, terbuat dari susu fermentasi Yakult dan susu bubuk Dancow putih.
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain.
 Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain
Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.

Dr. Minoru Shirota  

Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia. Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan.
4
Botol Pertama Yakult


Botol Baru ( sekarang ) Yakult

            Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita.
Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus.
Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
1. Mencegah gangguan pencernaan.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
3. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus.
4. Mengurangi racun dalam usus.
5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.
5
Yakult adalah probiotik. Sejarah peningkatan kesehatan melalui probiotik.
Diabad 20 ilmu kedokteran mencatat perkembangan yang penting dengan ditemukannya antibiotik. Tetapi ternyata abad ini juga ditandai dengan masalah-masalah penyakit kanker, jantung dan diabetes. Dengan kata lain bahwa penyakit penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan tetapi lebih melalui perbaikan gaya hidup. Hal ini menjadikan abad 21 sebuah abad dimana pengobatan preventif menjadi fokus perhatian. 
Probiotik   berasal   dari    kata    probios, yang  dalam   ilmu biologi  berarti   untuk kehidupan. Probiotik adalah pangan mengandung  mikroorganisme hidup yang secara aktif meningkatkan    kesehatan   dengan    cara   memperbaiki  keseimbangan   flora   usus  jika dikonsumsi dalam keadaan hidup dalam jumlah yang memadai (Fuller, 1989). Oleh karena itu      untuk    dapat   disebut    probiotik, bakteri   harus    mempunyai     persyaratan   sbb:
1. terbukti aman bagi manusia.
2. dapat mencapai usus dalam keadaan hidup.
3. terbukti bermanfaat.
Bakteri Yakult terbukti memenuhi persyaratan tersebut melalui berbagai riset. Yakult adalah pelopor probiotik. Karena komitmennya terhadap bidang pengobatan preventif, Dr. Minoru Shirota berusaha meneliti pemanfaatan mikroorganisme untuk mencegah penyakit di laboratorium mikrobiologi Kyoto Imperial University, School of Medicine.
Pada tahun 1930, usaha keras ini menjadikannya orang pertama di dunia yang berhasil menciptakan strain baru Lactobacillus casei yang unggul, dapat melewati asam lambung dan cairan empedu, mampu mencapai usus dalam keadaan hidup sehingga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan. Bakteri ini dinamakan Lactobacillus casei Shirota strain. Meski saat itu ilmu pengobatan preventif kurang menjadi perhatian para ahli kesehatan, tetapi Dr. Shirota selalu menekankan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, beliau juga menyampaikan ide mencegah gangguan pencernaan dan menjaga usus tetap sehat adalah kunci menuju hidup sehat dan panjang umur.
Setelah sukses dengan penemuannya, Dr. Shirota menciptakan minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain hidup yang dinamakan Yakult. Dr. Shirota bercita-cita agar manfaat Yakult dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Karena itu selain dibuat dengan harga terjangkau, sejak tahun 1964 Yakult mulai diproduksi dan dipasarkan di Taiwan, kemudian negara Asia lainnya, Australia dan dipasarkan di Eropa tahun 1990-an. Walaupun awalnya hanya dipandang sebelah mata oleh para ahli di Eropa, tetapi setelah manfaatnya dapat dirasakan, perhatian terhadap Lactobacillus casei Shirota strain meningkat. Istilah probiotikpun menjadi populer terutama setelah media masa tertarik oleh hasil penelitian kerjasama antara Yakult dengan universitas-universitas di Eropa. Sejak saat itu dunia kesehatanpun berpaling ke konsep pencegahan penyakit melalui konsumsi probiotik secara teratur dan peningkatan kesehatan dengan probiotik dilakukan setiap hari oleh 25 juta orang di 27 negara diseluruh dunia ( file:///D:/WebCam%20Media/elmi%27s%20%20picture/2011/11/23/pt yakult.html ).

6
Susu yang kami gunakan dalam pembuatan Youghurt ini adalah susu bubuk Dancow putih. Manfaatnya yaitu:
1.       Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
  1. Menurunkan tekanan darah.
  2. Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
  3. Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
  4. Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
  5. Mencegah diabetes tipe 2.
  6. Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
  7. Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.
Air yang kita pilih dalam pembuatan Youghurt yaitu air Aqua. Karena air Aqua sudah pasti steril dan terjamin kualitasnya. Aqua berasal dari sumber mata air terpilih yang mewakili sebagian dari sumber mata air alami terbaik di Indonesia. Menemukan mata air yang sesuai kriteria Aqua bukanlah pekerjaan mudah. Pada saat menemukan sumber mata air alami, harus dipastikan bahwa setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat sebelum akhirnya dapat dijadikan sumber mata air untuk Aqua. 9 kriteria yang harus dipenuhi dalam pemilihan mata air pegunungan adalah:
1.     Jumlah debit air dari sumber air harus seimbang dengan kebutuhan. Hal ini karena Aqua ingin memastikan bahwa lingkungan di sekitar mata air tetap terjaga.
2.     Parameter fisik, misalnya pH atau tingkat konduktivitas.
3.     Parameter kimia, seperti misalnya keberadaan elemen kalsium atau magnesium yang sesuai dengan standar SNI.
4.     Parameter mikrobiologi, misalnya ketiadaan bakteri-bakteri yang kurang baik bagi kesehatan, sesuai dengan standar SNI.
5.     Lingkungan mata air dan keberadaan sumber-sumber yang berpotensi untuk menjadi sumber polutan, karena penting bagi Aqua untuk memberikan air yang penuh dengan segala kebaikan alam.
6.     Stabilitas parameter fisik, yaitu pemantauan jangka panjang terhadap kemungkinan berubahnya parameter fisik dalam periode waktu tahunan.
7.     Stabilitas parameter kimia, yaitu pemantauan jangka panjang terhadap kemungkinan berubahnya parameter kimia dalam periode waktu tahunan.
8.     Kesinambungan sumber air, dimana dalam proses pemilihan mata air, Aqua memastikan bahwa mata air tersebut dapat bersifat berkesinambungan, baik dari segi kualitas maupun jumlah debit.
9.     Ketersediaan infrastruktur yang mendukung namun tetap menjaga lingkungan sekitar sumber mata air.


7

Selanjutnya AQUA berkomitmen untuk melakukan studi yang terintegrasi oleh tim ahli yang memerlukan waktu lebih dari 1 tahun untuk mempelajari karakteristik sumber mata air terpilih yang diterapkan dalam 5 tahap proses seleksi yang ketat, yang terdiri dari:
1.   Studi identifikasi prospek, dimana sumber mata air akan dilihat berdasarkan kesesuaian dengan 9 kriteria diatas.
2.   Studi geologi untuk semua sumber mata air untuk memastikan kualitas dan kuantitas mata air serta lingkungan di sekitarnya. Dan juga rencana untuk melakukan studi hidrogeologi dan hidrologi guna meningkatkan pengetahuan akan keunikan semua sumber mata air Aqua.
3.   Studi geolistrik untuk menginterpretasi kualitas dan kuantitas air berdasarkan kondisi mata air serta lingkungan sekitarnya.
4.   Studi eksplorasi awal untuk menentukan kemungkinan suatu mata air pegunungan untuk menjadi mata air Aqua.
5.   Studi pendayagunaan mata air yang menyeluruh untuk memastikan kesinambungan mata air.
Semua ini dilakukan dengan satu tujuan: untuk memastikan bahwa Aqua memilih dan menjaga  kebaikan alam dalam  setiap tetesnya  bagi keluarga sehat Indonesia  (file:///D:/WebCam%20Media/elmi%27s%20%20picture/kebaikanalam%20aqua.html)

D. Alat & Bahan:
1.        Air Aqua 2 gelas.
2.        Susu Yakult 2 botol.
3.        Susu bubuk Dancow putih.
4.        Gelas kimia ukuran 200 ml 1 buah.
5.        Gelas kimia ukuran 100 ml 1 buah.
6.        Dandang besar 1 buah.
7.        Kompor 1 buah.
8.        Plastik 1 buah.
9.        Karet gelang 1 buah.
10.     Nampan 1 buah.
8
E. Cara Kerja
1.    Terlebih dahulu siapkan semua alat dan bahan.
2.    Masukkan susu bubuk Dancow putih ke dalam dandang, lalu campurkan dengan air Aqua.
3.    Aduk campuran sampai tercampur dengan rata, lalu biarkan sampai mendidih.
4.    Masukkan susu yang telah selesai direbus ke dalam gelas kimia besar sebanyak 200 ml, dan gelas kimia kecil sebanyak 50 ml. Tunggu sampai hangat.
5.    Jika sudah hangat, masukkan susu ke dalam plastik bening, lalu masukkan/campurkan 1 botol Yakult.
6.    Ikat plastik dengan erat dengan menggunakan karet gelang.
7.    Masukkan susu yang telah dicampur tadi ke dalam kulkas. Jangan taruh di dalam freezernya.
8.    Setelah 4 jam, amati apa yang terjadi pada susu, lalu masukkan lagi ke dalam kulkas.
9.    Setelah 20 jam semenjak susu dimasukkan ke dalam kulkas, susu dapat diambil dan diminum. Amati bagaimana perubahan warna, rasa, dan tampilan/struktur dari susu tersebut.

F. Hasil Pengamatan
Keadaan Susu
Sebelum
Keadaan Struktur
Sesudah
Keadaan Struktur
Warna
Bau

Warna
Rasa
Bau
Putih dan sedikit kekuning-kuningan.
Yang menonjol adalah bau dari susu. Bau dari Yakult sedikit tercium.
Cair.
Lebih sedikit kekuning-kuningan dari awalnya.
Rasa susu, namun yang sedikit menonjol adalah rasa kecut dari Yakult.
Masih tetap bau susu yang menonjol. Bau dari Yakult hanya sedikit tercium.
Agak kental dan terdapat butiran-butiran lunak.


G. Pembahasan
Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa terjadi perubahan pada warna, struktur, dan rasa pada susu setelah menjadi Youghurt. Namun tidak terjadi perubahan bau, karena bau yang menonjol dari sebelum dan setelah menjadi Youghurt adalah bau dari susu bubuk Dancow putih.
Keadaan susu sebelum menjadi Youghurt, warnanya putih dan sedikit kekuningan. Baunya Yang menonjol adalah bau dari susu, bau Yakult sedikit tercium. Sedangkan keadaan dari strukturnya sendiri masih cair. Rasa dari campuran susu dan Yakult tersebut tidak diketahui, karena tidak dicicipi.
Keadaan susu setelah menjadi Youghurt, warnanya lebih sedikit kekuning-kuningan dari awalnya. Rasanya, rasa susu, namun yang sedikit menonjol adalah rasa kecut/asam dari Yakult.
9
Baunya masih tetap bau susu yang menonjol, bau dari Yakult hanya sedikit tercium. Sedangkan dari strukturnya sendiri, agak kental dan terdapat butiran-butiran lunak.

H. Simpulan
Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan youghurt, terjadi perubahan warna dan struktur pada campuran susu dan Yakult dari sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dan setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Perubahan bau tidak ada. Sementara perubahan rasa tidak diketahui, karena susu tidak dicicipi. Bakteri yang dimanfaatkan dalam pembuatan Youghurt ini adalah bakteri dalam Yakult, yaitu bakteri L.Casei Shirota Strain.

I.     Saran
            Kami sadar sepenuhnya bahwa tulisan ini masih banyak terdapat kesalahan. Kritik dan saran dari pembaca sangat dibutuhkan untuk pembuatan tulisan berikutnya. Tulisan ini kami harapkan dapat berguna bagi pembaca dan menambah pengetahuan.


















10
DAFTAR PUSTAKA






 DISUSUN OLEH KELOMPOK 1
ANGGOTA:
1.      WAHYU FAOUZIAH
2.      A.WAHID SAFHADI
3.      ASTRID SABRINA P.
4.      NONI SAUOFIRIANI



                                                        











LAMPIRAN



























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar